supervisor_account
supervisor_account
OPD | KAB Sukabumi

DINAS PARIWISATA

Jl.Komp. Perkantoran Jajaway, Citepus Pelabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat 43364
Telp 02667070337, Email

https://dispar.sukabumikab.go.id/

Menu Pintas :
Dokumen perencanann dan keuangan

 

Profil Dinas pariwisata

kelembagaan dan ketatalaksanaan Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi tertuang dalam Peraturan Bupati Sukabumi, Nomor 64 Tahun 2016 tentang Struktur Organisasi Dan Tata Kerja Dinas Pariwisata dengan kedudukan, tugas dan fungsi sebagai berikut:

      I.                   KEDUDUKAN DAN ORGANISASI
              KEDUDUKAN

Dinas merupakan unsur pembantu Bupati dalam penyelenggaraan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah di bidang pariwisata. Dinas sebagaimana yang dimaksud, dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan dibawah dan bertanggung-jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

      SUSUNAN ORGANISASI

Susunan organisasi Dinas terdiri dari:

      Kepala Dinas;
      Sekretariat, membawahkan;

1)                       Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

2)                       Sub Bagian Keuangan;

3)                       Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi.

      Bidang Industri Pariwisata, membawahkan;

1)       Seksi Usaha Pariwisata;

2)       Seksi Usaha Jasa Pariwisata; dan

3)       Seksi Produk Wisata.

      Bidang Destinasi Wisata, membawahkan;

1)       Seksi Sarana Wisata;

2)       Seksi Prasarana Wisata; dan

3)       Seksi Pengembangan Destinasi Pariwisata Baru.

      Bidang Promosi Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan HAKI, membawahkan;

1)       Seksi Sarana dan Prasarana Pemasaran Wisata;

2)       Seksi Promosi Pariwisata; dan

3)       Seksi Pembinaan Ekonomi Kreatif dan HAKI.

      UPTD; dan
      Kelompok Jabatan Fungsional.

Bagan Struktur Organisasi Dinas sebagaimana dimaksud diatas, tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Peraturan Bupati ini.

      II.                   TUGAS POKOK DAN FUNGSI
              Dinas mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan di bidang pariwisata. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Dinas mempunyai fungsi:
              Penyusunan kebijakan teknis di bidang Pariwisata;
              Pelaksanaan kebijakan daerah di bidang industri pariwisata; bidang destinasi wisata; bidang pemasaran pariwisata dan bidang ekonomi kreatif dan HAKI;
              Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas kesekretariatan; bidang industri pariwisata; bidang destinasi pariwisata; bidang pemasaran pariwisata dan bidang ekonomi kreatif dan HAKI;
              Pembinaan, pengendalian dan pengawasan pelaksanaan tugas kesekretariatan, bidang industri pariwisata, bidang destinasi pariwisata, bidang pemasaran pariwisata dan bidang ekonomi kreatif dan HAKI;
              Penerbitan izin/rekomendasi di bidang pariwisata;
              Pengawasan dan pengendalian teknis pasca penerbitan perizinan yang diterbitkan dinas dan perangkat daerah terkait;
              Pembinaan administrasi di lingkungan dinas;
              Pembinaan penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan dinas;
              Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya;
              Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama di bidang tugasnya;
              Pelaksanaan monitoring dan evaluasi hasil pelaksanaan tugas;dan
              Pelaporan hasil pelaksanaan tugas.
                      Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris yang berada dibawah dan bertanggung-jawab kepada Kepala Dinas. Sekretariat mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian fungsi Dinas di bidang kesekretariatan. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, secretariat mempunyai fungsi:
                              Penyusunan rencana dan program kerja Sekretariat;
                              Pembinaan, pengendalian dan pengawasan pelaksanan tugas di bidang umum dan kepegawaian, keuangan, perencanaan dan evaluasi;
                              Pengkajian bahan kebijakan teknis, fasilitasi, koordinasin dan evaluasi di bidang kesekretariatan;
                              Pelayanan administratif kepada unit kerja di lingkungan dinas;
                              Pengkoordinasian pelaksanaan tugas bidang di lingkungan dinas;
                              Pengkajian bahan kebijakan teknis, fasilitasi, koordinasi, dan evaliasi di bidang kesekretariatan;
                              Pengkajian dan penyusunan rencana kerja (Renja) Dinas;
                              Pengkajian dan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Dinas;
                              Pengkajian dan penyusunan laporan akuntabilitas kinerja Dinas;
                              Pembinaan organisasi dan tata laksana di lingkungan Dinas;
                                Pembinaan kesejahteraan pegawai di lingkungan Dinas;
                              Penyelenggaraan pelayanan public di lingkungan Dinas;
                              Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh kepala dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya;
                              Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama di bidang tugasnya;
                              Pelaksanaan monitoring dan evaluasi hasil pelaksanaan tugas; dan
                              Pelaporan hasil pelaksanaan tugas.

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, sekretariat membawahkan:

1)               Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagaian fungdi Sekretariat di bidang umum dan kepegawaian dengan fungsi sebagai berikut:

a)               Pengumpulan dan pengolahan data di bidang umum dan kepegawaian;

b)               Penyusunan rencana dan program kerja Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

c)                 Penyusunan bahan kebijakan teknis, fasilitasi dan pembinaan di bidang umum dan kepegawaian;

d)               Pelaksanaan analisis kebutuhan dan pengadaan barang dan perlengkapan;

e)               Pengelolaan inventarisasi dan pemeliharaan barang, perlengkapan dan kerumahtanggaan;

f)                               Penyusunan bahan neraca barang milik daerah dilingkungan dinas;

g)               Pelaksanaan tugas kehumasan dan protocol di lingkungan dinas;

h)               Pengelolaan ketatausahaan dan kearsipan;

i)                               Pengelolaan kepegawaian;

j)                               Pelaksanaan analisis kebutuhan pegawai di lingkungan dinas;

k)                 Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya;

l)                               Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama di bidang tugasnya;

m)             Pelaksanaan monitoring dan evaluasi hasil pelaksanaan tugas;dan

n)               Pelaporan hasil pelaksanaan tugas.

2)   Sub Bagian Keuangan, yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagaian fungsi Sekretariat di bidang keuangan dengan fungsi sebagai berikut:

a)               Penyusunan rencana dan program kerja Sub Bagian Keuangan;

b)               Pengumpulan dan pengolahan data di bidang keuangan;

c)               Pengumpulan dan pengolahan data penyusunan anggaran di lingkungan dinas;

d)               Pembinaan dan fasilitasi teknis keuangan di lingkungan dinas;

e)               Penyusunan laporan keuangan;

f)                 Pengelolaan gaji dan penghasilan lain pegawai di lingkungan dinas;

g)               Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya;

h)               Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama di bidang tugasnya;

i)                   Pelaksanaan monitoring dan evaluasi hasil pelaksanaan tugas;dan

j)                   Pelaporan hasil pelaksanaan tugas.

3)   Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi, yang mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagaian fungsi Sekretariat di bidang perencanaan dan evaluasi dengan fungsi sebagai berikut:

a)               Penyusunan rencana dan program kerja Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi;

b)               Pengumpulan dan pengolahan data bahan penyusunan rencana dan evaluasi;

c)               Pembinaan dan fasilitasi teknis penyusunan dokumen perencanaan dan evaluasi di bidang keuangan dinas;

d)               Penyajian dan pengelolaan data dan informasi rencana dan program kerja dinas;

e)               Penyiapan bahan penyusunan Rencana Kerja (Renja) dinas;

f)                 Penyiapan bahan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dinas;

g)               Penyiapan bahan dan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Dinas;

h)               Pelaksanaan monitoring dan evaluasi   pelaksanaan program dan kegiatan dinas;

i)                   Penyiapan bahan pembinaan organisasi dan tatalaksana dan pelayanan publik di lingkungan dinas;

j)                   Pengelolaan data dan informasi di lingkungan dinas;

k)               Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugas dan fungsinya;

l)                   Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama di bidang tugasnya;

m)           Pelaksanaan monitoring dan evaluasi hasil pelaksanaan tugas;dan

n)               Pelaporan hasil pelaksanaan tugas.

      Bidang Industri Pariwisata dipimpin oleh Kepala Bidang, mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagaian fungsi Dinas di Bidang Industri Pariwisata dengan fungsinya sebagai berikut:

a)       Penyusunan rencana dan program kerja Bidang Pariwisata;

b)       Pembinaan, pengendalian dan pengawasan pelaksanan tugas di bidang usaha pariwisata, jasa pariwisata dan bidang produk wisata;

c)       Pengkajian bahan kebijakan teknis di bidang usaha pariwisata, jasa pariwisata dan bidang produk wisata;

d)       Pengkoordinasian kebijakan teknis, fasilitasi dan pembinaan di bidang usaha pariwisata, jasa pariwisata dan bidang produk wisata;

e)       Peningkatan kapasitas sumber daya manusia pariwisata;

f)         Pengkajian bahan penyusunan rencana induk pembangunan pariwisata daerah;

g)       Pembinaan dan pengembangan Industri Pariwisata;

h)       Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh kepala dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya;

i)         Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama di bidang tugasnya;

j)         Pelaksanaan monitoring dan evaluasi hasil pelaksanaan tugas; dan

k)       Pelaporan hasil pelaksanaan tugas.

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, Bidang Industri Pariwisata membawahkan:

      Seksi Usaha Pariwisata;
      Seksi Usaha Jasa Pariwisata; dan
      Seksi Produk Wisata.

Masing-masing seksi sebagaimana dimaksud dipimpin oleh Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung-jawab kepada Kepala Bidang.

      Bidang Destinasi Wisata dipimpin oleh Kepala Bidangyang berada dibawah dan bertanggung-jawab kepada kepala dinas melalui sekretaris, mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagaian fungsi Dinas di Bidang Destinasi Wisata dengan fungsinya sebagai berikut:
              Penyusunan rencana dan program kerja di Bidang Destinasi Wisata;
              Pembinaan, pengendalian dan pengawasan pelaksanan tugas di bidang sarana wisata, prasarana wisata, dan bidang pengembangan destinasi pariwisata baru;
              Pengkajian bahan kebijakan teknis, fasilitasi, koordinasi dan evaluasi   di bidang sarana wisata, prasarana wisata, dan bidang pengembangan destinasi pariwisata baru;
              Pengkoordinasian kebijakan teknis, fasilitasi dan pembinaan di bidang sarana wisata, prasarana wisata, dan bidang pengembangan destinasi pariwisata baru;
              Pengkajian bahan penyusunan rencana induk pembangunan pariwisata daerah;
              Pengkajian bahan penerbitan izin/rekomendasi di bidang pariwisata;
              Pengkoordinasian pengelolaan kawasan startegis pariwisata;
              Pengkoordinasian pembinaan pasca penerbitan izin/rekomendasi di bidang   pariwisata;
              Pengelolaan dan pengembangan Destinasi Pariwisata;
              Pengembangan Destinasi Pariwisata Baru;
              Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh kepala dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya;
              Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama di bidang tugasnya;
              Pelaksanaan monitoring dan evaluasi hasil pelaksanaan tugas; dan
              Pelaporan hasil pelaksanaan tugas.

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, Bidang Destinasi Pariwisata membawahkan:

      Seksi Sarana Wisata;
      Seksi Prasarana Wisata; dan
      Seksi Pengembangan Destinasi Pariwisata Baru.

Masing-masing seksi sebagaimana dimaksud dipimpin oleh Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung-jawab kepada Kepala Bidang.

      Bidang Promosi Wisata, Ekonomi Kreatif dan HAKI dipimpin oleh Kepala Bidang yang berada dibawah dan bertanggung-jawab kepada kepala dinas melalui sekretaris, mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagaian fungsi Dinas di Bidang Promosi Wisata, Ekonomi Kreatif dan HAKI dengan fungsinya sebagai berikut:
              Penyusunan rencana dan program kerja di Bidang Promosi Wisata, Ekonomi Kreatif dan HAKI;
              Pembinaan, pengendalian dan pengawasan pelaksanan tugas di bidang sarana wisata, prasarana wisata, dan bidang Promosi Wisata, Ekonomi Kreatif dan HAKI;
              Pengkajian bahan kebijakan teknis, fasilitasi, koordinasi dan evaluasi   di bidang Promosi Wisata, Ekonomi Kreatif dan HAKI;
              Pengkoordinasian kebijakan teknis, fasilitasi dan pembinaan di bidang Promosi Wisata, Ekonomi Kreatif dan HAKI;
              Pengembangan Pemasaran Pariwisata;
              Pengkoordinasian pembangunan prasarana zona kreatif, ruang kreatif, kota kreatif, sebagai ruang berekspresi, berpromosi, dan berinteraksi;
              Pengkoordinasian peningkatan kapasitas sumber daya manusia pariwisata dan ekonomi kreatif tingkat dasar;
              Pengkoordinasian pengelolaan dan penyelenggaraan promosi wisata;
              Pelaksanaan fungsi lain sesuai dengan tugas dan fungsinya;
              Pelaksanaan koordinasi dan kerjasama di bidang tugasnya;
              Pelaksanaan pengendalian, monitoring dan evaluasi hasil pelaksanaan tugas; dan
              Pelaporan hasil pelaksanaan tugas.

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, Bidang Pemasaran Pariwisata membawahkan:

      Seksi Sarana dan Prasarana Pemasaran Wisata;
      Seksi Promosi Wisata; dan
      Seksi Pembinaan Ekonomi Kreatif dan HAKI.

Masing-masing seksi sebagaimana dimaksud dipimpin oleh Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung-jawab kepada Kepala Bidang.

      Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) yang dibentuk untuk melaksanakan sebagain teknis operasional dan atau kegiatan teknis penunjang tertentu.
      Kelompok Jabatan Fungsional

Berkenaan dengan Dokumen-Dokumen Dinas dapat dilihat sebagaimana berikut :

Renstra Dinas Klik disini

Renja Dinas  Klik disini

IKU Dinas Klik Disini

PK Dinas 2017  Klik Disini

LKJ Dinas 2016  Klik Disini

 

IKU, LAKIP dan PK DisparbudporaKlik Disini



Struktur Organisasi



Daftar Pegawai

 

NO NAMA NIP JABATAN
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       
       


Publikasi

Dokumen perencanaan dan keuangan daerah Dinas pariwisata Kabupaten Sukabumi

No Judul Dokumen Deskripsi Tipe File Tanggal Unggah Download
1 Format Lampiran IKU Kabupaten 2019 Revisi Indikator Kinerja Utama Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi application/pdf 2019-09-02 09:13:43 download
2 LKJ Dispar 2018 Laporan Kinerja Dinas Pariwisata Tahun 2019 application/pdf 2019-09-02 09:17:34 download
3 PK 2018 Perjanjian Kinerja Dinas Pariwisata Tahun 2018 application/pdf 2019-09-02 09:21:27 download
4 RENSTRA 2016 SURAT KEPUTUSAN RENCANA STRATEGIS DINAS PARIWISATA KABUPATEN SUKABUMI application/pdf 2019-09-03 09:45:07 download
5 RENJA PERUBAHAN 2023 RENJA PERUBAHAN DISPAR Tahun 2023 application/pdf 2024-03-27 16:09:34 download
6 PK Murni 2023 PK murni Tahun 2023 application/pdf 2024-03-27 16:09:34 download
7 PK Perubahan Tahun 2023 PK Perubahan Tahun 2023 dispar application/pdf 2024-03-27 16:12:21 download
8 RENJA murni Tahun 2023 RENJA murni DISPAR Tahun 2023 application/pdf 2024-03-27 16:12:21 download
9 IKU Dinas Pariwisata IKU Dinas Pariwisata application/pdf 2024-03-27 16:14:04 download
//